Luis Milla Aspas, Sosok Pelatih Baru Timnas Indonesia - suarajombang.net

Terbaru

Jumat, 20 Januari 2017

Luis Milla Aspas, Sosok Pelatih Baru Timnas Indonesia



SUARAJOMBANG.net- Luis Milla Aspas resmi menangani tim nasional (timnas) Indonesia dengan kontrak berdurasi dua tahun. Hal itu dipastikan dalam jumpa pers sekaligus pengumuman yang dilakukan di Kantor PSSI, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (20/1/2017).

"Saya menerima pekerjaan ini karena antusiasme rakyat Indonesia akan sepak bola. Saya berada di Jakarta selama dua hari dan melihat sambutan yang luar biasa," ucap Milla.

"Ini pekerjaan penting dan saya termotivasi untuk membuat timnas Indonesia lebih kompetitif. Saya akan bekerja semaksimal mungkin untuk itu," kata dia.

Luis Milla menyisihkan satu kandidat lainnya, yakni Luiz Fernandez. Milla memang lebih santer dikabarkan menjadi kandidat kuat pelatih baru timnas Indonesia.

Sebelum resmi terpilih, Milla telah lebih dahulu melakukan presentasi di depan tim panelis PSSI. Adapun pemaparan visi-misi pelatih impor asal Spanyol itu dilakukan Kamis (19/1/2017).

Selain timnas, Milla juga merangkap jabatan sebagai pelatih Indonesia U-22 yang bakal berlaga di SEA Games 2017.

Satu-satunya catatan oke juru taktik berusia 50 tahun itu terjadi ketika menangani tim yunior Spanyol. Dia sukses mengantarkan Spanyol muda menjuarai Piala Eropa U-21 pada 2011.

Selain peresmian Milla sebagai pelatih kepala timnas Indonesia dan Indonesia U-22, PSSI juga mengonfirmasi Indra Sjafri sebagai juru taktik Indonesia U-19 dan Fachry Husaini sebagai pelatih U-16.
 


Berikut Rapor Luis Milla bersama Tim Nasional

Menilik rekam jejak Milla, pecinta sepak bola nasional pantas menaruh asa kepada sang arsitek. Sebab, dia mampu rapor superior ketika menangani timnas junior.

Kiprah pria berusia 50 tahun itu menjadi angin segar untuk pecinta sepak bola nasional. Dia membukukan rapor superior ketika menangani timnas.

Milla tercatat sempat mengasuh timnas Spanyol untuk empat level usia, yaitu U-23, U-21, U-20, dan U-19.

Bersama empat tim tersebut, dia menjalani 38 pertandingan. Hasilnya, La Rojita, julukan Spanyol muda, merangkum 28 kemenangan dan empat hasil imbang. Dengan kata lain, rapor kemenangan Milla bersama timnas mencapai 73,6 persen.

Di level internasional, Milla juga membuktikan diri mampu membangun tim produktif. Tengok saja ketika Spanyol asuhan Milla menjuarai Piala Eropa U-21 2011 di Denmark. Saat itu, mereka mencetak sebelas gol dalam lima pertandingan.

Lima dari sebelas gol La Rojita diborong oleh Adrian, yang akhirnya merebut gelar top scorer.  Apabila diakumulasi dengan kiprahnya di Spanyol level usia lainnya, rapor produktivitas Milla pun kian terdongkrak. Tim asuhan Milla mampu mencetak 93 gol dan menderita 52 kemasukan dalam 38 pertandingan. (*)


SUMBER: kompas.bola.com 

 Baca Juga, Pemain muda Jombang menuju Pusamania Borneo FC Samarinda
http://www.suarajombang.net/2017/01/selangkah-lagi-pemain-asal-jombang.html