Disdik Jombang, Larang Siswa SMP di Jombang Bawa Motor ke Sekolah - suarajombang.net

Terbaru

Jumat, 20 Januari 2017

Disdik Jombang, Larang Siswa SMP di Jombang Bawa Motor ke Sekolah



SUARAJOMBANG.net- Dinas Pendidikan (Disdik) Jombang mengeluarkan surat edaran pelarangan pelajar setingkat SMP sederajat di Kabupaten Jombang membawa motor sendiri ke sekolah. Kebijakan tersebut berlaku mulai Januari tahun ini.

Adanya larangan bagi siswa SMP mengendarai sepeda motor sendiri ke sekolah tersebut berlaku bagi seluruh lembaga pendidikan di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang.

"Larangan bagi siswa SMP yang memang usianya belum berhak memiliki SIM. Tujuan utama untuk pembelajaran tertib lalu lintas," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang Budi Nugroho, Jum'at (20/1/2017).

Kebijakan larangan tersebut tertuang dalam surat edaran dinas pendidikan kepada kepala SMP dan kepala UPTD se-Kabupaten Jombang tertanggal 18 Januari 2017.

Dalam surat yang bersifat instruksi tersebut disampaikan juga kewajiban sekolah untuk memasang pengumuman larangan tersebut. Sekolah juga diminta melakukan razia rutin untuk mengecek apakah ada muridnya yang membawa sepeda motor dan diletakkan di sekitar sekolah.

Larangan bagi siswa SMP didasarkan pada banyak pertimbangan. Di antaranya, keselamatan para siswa dan mengurangi angka kecelakaan yang melibatkan anak sekolah. "Kebijakan ini untuk melindungi siswa agar tidak mengalami kecelakaan lalu lintas," ucap Budi Nugroho. Kebijakan tersebut diharapkan bisa dimengerti dan diikuti oleh para orang tua atau wali murid. (*)


Baca Juga
http://www.suarajombang.net/2017/01/terkait-jembatan-ploso-baru-ini.html